Tips Bagi Penderita TBC

Bagi anda penderita TBC apakah anda tahu makanan yang boleh dikonsumsi dan yang harus dihindari? Jika tidak sebaiknya anda membaca artikel ini terlebih dahulu karena disini saya akan memberikan Tips Bagi Penderita TBC. Sebelum membahas hal tersebut saya akan sedikit menjelaskan mengenai penyakir TBC ini.

Penyakit TBC

Tips Bagi Penderita TBCTBC atau Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium tuberculosis (disingkat “MTb” atau “MTbc”). Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya. Tuberkulosis menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi TB aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara. Infeksi TB umumnya bersifat asimtomatikdan laten. Namun hanya satu dari sepuluh kasus infeksi laten yang berkembang menjadi penyakit aktif. Bila Tuberkulosis tidak diobati maka lebih dari 50% orang yang terinfeksi bisa meninggal. Gejala klasik infeksi TB aktif yaitu batuk kronis dengan bercak darah sputum atau dahak, demam, berkeringat di malam hari, dan berat badan turun.

Penyebab TBC

Penyebab utama penyakit TBC adalah Mycobacterium tuberculosis, yaitu sejenis basil aerobik kecil yang non-motil. Berbagai karakter klinis unik patogen ini disebabkan oleh tingginya kandungan lemak/lipid yang dimilikinya. Sel-selnya membelah setiap 16 –20 jam. Kecepatan pembelahan ini termasuk lambat bila dibandingkan dengan jenis bakteri lain yang umumnya membelah setiap kurang dari satu jam. Mikobakteria memiliki lapisan ganda membran luar lipid. Bila dilakukan uji pewarnaan Gram, maka MTB akan menunjukkan pewarnaan “Gram-positif” yang lemah atau tidak menunjukkan warna sama sekali karena kandungan lemak dan asam mikolat yang tinggi pada dinding selnya. MTB bisa tahan terhadap berbagai disinfektan lemah dan dapat bertahan hidup dalam kondisi kering selama berminggu-minggu. Di alam, bakteri hanya dapat berkembang dalam sel inang organisme tertentu, namun M. tuberculosis bisa dikultur di laboratorium.

Penularan TBC

Ketika seseorang yang mengidap TB paru aktif batuk, bersin, bicara, menyanyi, atau meludah, mereka sedang menyemprotkan titis-titis aerosol infeksius dengan diameter 0.5 hingga 5 µm. Bersin dapat melepaskan partikel kecil-kecil hingga 40,000 titis. Tiap titis bisa menularkan penyakit Tuberkulosis karena dosis infeksius penyakit ini sangat rendah. (Seseorang yang menghirup kurang dari 10 bakteri saja bisa langsung terinfeksi).

Tips Bagi Penderita TBC

Tips Bagi Penderita TBCDari info diatas kita tahu apa itu TBC, penyebab, dan cara penularan TBC. Nah sekarang saya akan memberikan tips bagi anda penderita TBC makanan apa saja yang baik dikonsumsi dan juga pantangan makanan yang harus dihindari oleh anda penderita TBC.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Penyakit TBC

  1. Makanlah berbagai macam buah segar dan sayuran setiap hari, tetapi tetap dalam jumlah kalori yang direkomendasikan dokter.
    Pilih sayuran yang berbeda dari berbagai jenis seperti sayuran hijau tua, sayuran berwarna oranye, kacang, dll.
  2. Susu atau produk susu harus dikonsumsi setidaknya 3 kali sehari.
    Kalsium dalam susu sangat penting dalam membangun kesehatan tulang pasien TBC.
  3. Untuk produk daging, pilihlah daging tanpa lemak atau rendah lemak. 10 persen asupan kalori harian harus berasal dari lemak jenuh dan sekitar 200 mg kolesterol.
    Jagalah asupan total lemak dan minyak antara 25 – 30 persen kalori harian. Sebagian besar lemak harus berasal dari lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam makanan seperti ikan, kacang-kacangan dan minyak sayur.
  4. Makanlah berbagai macam makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.
    Makanlah makanan kecil sepanjang hari dengan rentang waktu yang singkat. Pastikan agar tubuh mendapat cukup asupan cairan dan garam dalam makanan.
  5. Makanan untuk pasien TB harus sederhana, dipersiapkan dengan baik dan mudah dicerna. Makanan yang lebih berat baru dapat diberikan kepada pasien setelah kondisinya sangat membaik.
    Selain makanan yang dianjurkan untuk para penderita penyakit TBC, ada juga beberapa makanan yang harus dihindari bahkan merupakan pantangan bagi para penderita penyakit tuberkulosis (TBC).

Pantangan Makanan Untuk Penderita TBC

  1. Gula halus dan gula olahan harus dihindari oleh penderita TBC.
    Contohnya seperti roti putih, gula putih, sereal dan makanan manis seperti kue dan puding.
  2. Saus yang kaya akan natrium dan gula juga harus dihindari.
    Saus apel atau saus cranberry dapat dijadikan alternatif.
  3. Teh kental dan kopi yang mengandung banyak kafein harus dihindari karena kafein adalah stimulan TBC. Tapi menurut University of Maryland Medical Center, teh hijau yang bebas kafein dapat diminum bersama dengan pengobatan TBC karena mengandung antioksidan.
  4. Acar banyak mengandung natrium.
    Karena asupan natrium pada penderita TBC harus dibatasi, maka acar juga sebaiknya dihindari. Sebanyak 1 – 2 ons acar mengandung 850 miligram natrium.
  5. Pasien TBC dilarang keras mengkonsumsi alkohol atau minuman beralkohol selama menjalani pengobatan.

Itulah Tips Bagi Penderita TBC. Bagi anda yang memiliki TBC dan sering mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan anda segera hentikan kebiasaan tersebut karena dapat menyebabkan penyakit TBC anda semakin parah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam memilih makanan terutama bagi penderita TBC.

Klik Disini Untuk Membeli Obat Tradisional TBC

Pencarian Terkait :

    susu untuk penderita TBC, susu yang baiķ untuk penderita tbc, susu yang bagus untuk penderita tb, pantangan makanan tbc kelenjar, susu untuk tb paru, pantangan tbc, pantangan makanan penderita tbc kelenjar, makanan sehat untuk penderita tbc paru, makanan untuk penderita tbc, makanan yang harus dihindari penderita tbc, pasien tbc boleh makan bakso, makanan yang harus dihindari penderita tbc paru, makanan yang dilarang bagi penderita TBC, susu yang bagus untuk penderita tbc, pantangan makanan penderita tbc paru, pantangan penyakit tbc, makanan tbc, makanan yang tidak boleh dimakan penderita tbc, pantangan penyakit tbc kelenjar, pantangan tbc kelenjar, pantangan tbc paru, makanan yang dihindari penyakit TBC, pantangan makanan bagi penderita TBC, pantangan penderita tbc, penderita tbc, pantangan untuk penyakit TBC, makanan untuk penderita TB, susu yang cocok untuk penderita tbc, pantangan sakit tbc, makanan yg dilarang penderita tbc, makanan yg tdk blh di mkn untuk tb paru, makanan yang baik untuk penderita tbc kelenjar, susu belut apakah cocok untuk penderita tbc, pantangan penderita tbc kelenjar, makanan yang dianjurkan untuk penderita TBC
Jika Membantu Jangan Lupa Klik Share ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *